Yogyakarta – (6/4) Forum Komunikasi Rumah Sakit Akademik UGM (Forkom RSA UGM) bersama dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), merupakan agenda pertemuan yang diselenggarakan secara rutin. Forkom di awal tahun 2021 ini, dilaksanakan secara daring dengan tema “Aksesibilitas Layanan Rujukan Gawat Darurat”. Hadir 90 peserta perwakilan dari fasilitas kesehatan d DIY yang tergabung secara daring.

 

Melalui materi yang dipaparkan narasumber, diharapkan dapat meningkatkan wawasan mengenai konsep dan alur pelayanan rujukan gawat darurat, sehingga mampu memberikan pelayanan yang aman dan tepat guna. Kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk evaluasi layanan rujukan gawat darurat di Rumah Sakit Akademik UGM, sebagai upaya untuk meningkatkan akses rujukan ke rumah sakit.

 

Acara dibuka pkl. 09.00 dengan sapaan duo Painah-Paini yang selalu tampil “gumyak” dengan menyapa meriah seluruh hadirin, mengusung konsep santai tapi serius. Berkenan hadir memberikan sambutan dan membuka acara, Direktur Utama Rumah Sakit Akademik UGM – dr. Arief Budiyanto, Ph.D., Sp.KK(K).

 

 

Selanjutnya Forkom kali ini dimoderatori oleh dr. Nur Azid Mahardinata dengan menghadirkan 2 narasumber ahli. Sesi pertama diisi oleh dr. Agung Widianto, Sp.B-KBD selaku Kepala Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Akademik UGM dengan materi Kegawatdaruratan Bedah. Dalam penjelasannya, dr. Agung memaparkan ilmu tentang penanganan pertama pada kegawatdaruratan khususnya pasien di IGD. Sesi kedua pemaparan penanganan kegawatdaruratan pada ibu hamil oleh dr. Yosi Tamara, Sp.OG dalam materi Kegawatdaruratan Obstetri.

Di penghujung acara, sebagai apresiasi dari panitia disediakan bingkisan menarik dan kali ini diberikan kepada perwakilan dari RSUD Bantul, Puskesmas Tempel 1, RSKIA Sadewa, Klinik FIA, dan RS Pratama Yogyakarta. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung hingga acara ini terselenggara dengan lancar dan semoga memberikan manfaat bagi semua. Selalu perhatikan protokol kesehatan. Salam Friendly and Caring Hospital.

 

(Hesti P/Humas)

The post FORKOM RSA UGM “Aksesibilitas Layanan Rujukan Gawat Darurat” first appeared on Rumah Sakit Akademik UGM Yogyakarta.

Bagikan ke :