oleh: dr. Linda Rosita, M.Kes, Sp.PK (Penanggung Jawab Laboratorium Klinik RSIY PDHI & Dosen Fakultas Kedokteran UII)

Tubuh kita sebagaimana layaknya sebuah mesin yang menjalankan sejumlah fungsi biokimiawi yang kompleks memerlukan pemeliharaan yang teratur, rutin dan bertahap. Semakin rutin kita menjalankan medical check up tentu lebih baik dalam menilai kesehatan tubuh kita dibanding jarang atau tidak pernah kita lakukan medical check up. Sesungguhnya kenikmatan yang dianugrahkan Allah SWT kepada kita berupa kesehatan tubuh seharusnya kita pelihara agar selalu tetap sehat. Cara pemeliharaan tubuh antara lain dengan rutin memeriksakan kesehatan tubuh secara umum, yang dikenal dengan istilah medical check up.

Apa itu Medical check up?

Medical check up adalah pemeriksaan kesehatan tubuh untuk mengetahui status kesehatan baik secara menyeluruh atau ditujukan untuk menilai organ tertentu. Medical check up yang ditujukan untuk menilai status kesehatan yang menyeluruh dapat dilakukan dengan pemeriksaan darah rutin, urine rutin, foto thorak serta EKG.  Sementara apabila kita menginginkan informasi yang lengkap, maka perlu ditambahkan paket-paket pemeriksaan lain, seperti pemeriksaan darah lengkap, tes fungsi organ jantung, tes fungsi ginjal,tes fungsi hati dan petanda biokimiawi kanker (tumor marker).

Kapan medical check up dilakukan?

Medical check up sebaiknya dilakukan secara rutin dan waktu yang tepat yang dapat disesuaikan dengan umur dan keluhan yang dirasakan. Ketika tidak ada keluhan kesehatan apapun, bukan berarti kita tidak membutuhkan data dalam mengetahui status kesehatan kita. Banyak penyakit yang kadang tidak menunjukkan gejala spesifik sehingga diperlukan tanda lain untuk menunjukkan perjalanan penyakit tersebut. Tanda lain yang dimaksud adalah adanya perubahan pada kondisi biokimiawi yang dapat dilihat melalui darah.

Apa saja yang akan diketahui dari MCU?

Jenis Medical check up bermacam-macam, biasa kita kenal sebagai paket pemeriksaan MCU. Paket pemeriksaan kesehatan umum misalnya pemeriksaan darah rutin, urine rutin, foto thorak serta EKG.

Sebelum pemeriksaan sebaiknya dilakukan anamnesis, yaitu wawancara pasien dan dokter agar diketahui data dasar kesehatan, yang diharapkan dapat mengarah ke permintaan panel pemeriksaan. Pemeriksaan darah rutin ditujukan untuk mengetahui kondisi hematologi (sel-sel darah secara umum) yaitu kadar dari hemoglobin, jumlah lekosit dan jumlah trombosit. Secara umum  pemeriksaan darah rutin untuk mengetahui kondisi apakah anemia (kurang darah) atau tidak? apakah infeksi atau inflamasi? Apakah jumlah trombosit normal atau tidak?. Dengan mengetahui anemia  harus dilacak sebab lain dari anemia ini dengan permintaan pemeriksaan lain sehingga dapat diketahui sebabnya dan akan mempengaruhi terapinya.

Paket pemeriksaan yang ditujukan untuk menilai organ tertentu dapat dilakukan juga dari MCU, misalnya tes fungsi ginjal, tes fungsi jantung, dan tes fungsi hati. Tes fungsi ginjal diarahkan untuk mengetahui kondisi umum ginjal dalam menjalankan fungsinya, misal yang utama dalam memproduksi urine. Sehingga dari tes urine rutin dapat dilihat secara umum fungsi ginjal untuk membersihkan sisa-sisa metabolit. Tes fungsi ginjal lain yang penting adalah kadar ureum dan kreatinin.

Tes fungsi jantung dalam paket MCU meliputi profil lipid darah, dan beberapa enzim jantung. Profil lipid dapat menggambarkan kadar lipid darah yang memiliki potensi baik terjadinya penebalan dinding pembuluh darah (LDL) atau sebaliknya sebagai proteksi terjadinya atherosklerosis  (HDL). Sementara pemeriksaan enzim jantung banyak berkaitan dengan keluhan yang dirasakan misal nyeri dada, mudah sesak nafas ketika melakukan aktivitas, dll. Selain tes fungsi jantung di atas, untuk mengetahui kondisi jantung dapat dilakukan pemeriksaan EKG dan foto thorax.

Paket pemeriksaan lain dari MCU banyak tersedia ketika ada keluhan yang anda rasakan mengganggu aktivitas dan kecurigaan terhadap sesuatu penyakit, misalnya memiliki riwayat penyakit keluarga kencing manis dan hipertensi. Sehingga akan lebih baik ketika kita punya kewaspadaan yang tinggi terhadap perubahan kondisi tubuh kita dengan melakukan MCU secara rutin dan teratur. Ayo MCU!!!

The post Haruskah Rutin Melakukan Medical Checck Up (MCU)? appeared first on RSIY PDHI.

Bagikan ke :